BELAJAR DENGAN SELURUH OTAK
Untuk menjelaskannya kita harus mengerti beberapa macam dari proses penggunaan oleh dua belahan otak. Bagian kiri otak dilukiskan sebagai analitik karena mengkhususkan pada pengakuan bagian yang membersihkan secara keseluruhan. Bagian kiri dari otak juga memprosesnya secara linear dan berurutan. Ini diubah dari satu titik ketitik berikutnya dengan bertahap.
Sementara bagian kiri otak sibuk terpisah keluar dari seluruh bagian susunannya,bagian kanan khusus dalam menyusun untuk menciptakan seluruhnya,ini dikerjakan dalam sintesis. Bagian kiri otak tidak mengubah garis garus lurus tapi memprises rangsangan dalam garis yang sejajar.
Lebih banyak otak kanan berjalan pada informasi yang sama akan ditemukan kiasan dari otak, yaitu untuk menguraikan setiap otak dalam jangka waktu tertentu. Lapisan yang berhubungan dengan otak adalah jauh lebih lengkap dari computer digital atau kaleidoskop yang paling canggih.
DUA SISI PEMIKIRAN DAN PENDIDIKAN
Membuat penggunaan dari dua sisi pemikiran itu penuh,tidaklah memerlukan pemberian buku dan ceramah. Cara mengajar adalah yang berharga. Ini kewajiban kita yang seimbang dengan tehnik agar cara lain yang lebih tepat untuk otak bagian kanan. Sementara dari Ginning, unit kimia menugaskan dengan beberapa bab dalam buku teks, kemudian materinya didiskusikan didalam kelas, memberikan pertanyaan, memeriksa dan akhirnya memberikan ujian pilihan ganda atau uraian. Guru mungkin memulainya dengan memberikan fantasi atau khayalan yang dapat membuat ciut muridnya untuk ukuran dari atom dan menimbulkan kegembiraan, mengalami perjalanan dunia dari atom dan molekul. Guru dapat memadunya kedalam beberapa isi pokok yang biasa, air, udara, atau garam. Sebagai contoh : menjelaskan apa yang mereka lihat, dengar dan rasakan. Setelah berkhayal mereka mungkin menceritakan kepada guru dimana letak perbandingan yang ada dan membuatnya mungkin tepat di beberapa konsep.
Kekuatan dari otak belahan kanan dalam mengajar dibuktikan oleh Diane Streater, seorang guru Inggris dari Serramonte High School di Daly City California yang mengajar tata bahasa. Kesimpulan dari teknik otak belahan kanan bisa berarti perbedaan antara akesuksesan dan kegagalan. Dia menunjukan bahwa sering siswa yang berhasil dalam menghitung pada awal kelas mengembangkan pikiran spasial.
Penelitian pada otak mendukung bahwa siswa belajar dalam banyak cara dan agar lebih banyak car dapat menghadirkan informasi ketika pelajaran diberikan secara visual dan verbal. Untuk kebanyakan pelajaran konsep penting diberikan 4 kali, mereka diperkenalkan, dijelaskan, ditinjau dan diuji. Pelajar akan mapu menggunakan kekuatan individu mereka untuk menguasai materi sementara disaat yang sam mengembangkan kemampuan yang kurang mereka miliki.
TEORI SCIENTIFIC DAN PENDIDIKAN PRAKTIS
Orang yunani kuno meletakan pikiran dalam hatidaripada otak. Mereka percaya bahwa pikiran telah menjadi sifat-sifat dasar kemanusiaan yang menjadi organ paling vital dalam tubuh. Ilmuan telah mengoreksi bahwa ada kesalahan konsepsi, hingga pengetahuan tentang otak mulai berkembang dan sedikit demi sedikit misteri tentang otak mulai terpecahkan.
Jika kita melihat otak dari bagian atas, otak terlihat menjadi dua belah dan terlihat identik, agak seperti buah kenari. Pada tahun 1865 Paul Broca melaporkan bahwa luka pada bnelahan celebrum kiri dapat mengganggu kemampuan bicara sedangkan luka pada area yang sama di belahan kanan tidak berakibat pada kemampuan berbicara.
Ini rupanya menjadi jelas bahwa otak belahan kanan dan belahan kiri tidak menjadi identik. Ilmuan berasumsi bahwa tidak hanya ada perbedaan otak kanan dan kiri tapi juga otak kanan mempunyai ukuran yang lebih besar., dan lahirlah teori tentang hemisfir dominan. Teori ini rupanya diperkuat oleh fakta bahwa manusia lebih cenderung menggunakan tangan kanan yang diatur oleh otak kiri dibandingkan dengan tangan kanan.
Otak belahan kanan menjadi lebih unggul dalam menebak sebuah gambar yang hanya sebagian saja yang ditampakan, lebih bisa membedakan warna, membedakan tekstur yang halus, juga untuk yang berhubungan dengan bidang visual.
Roger sperry dari California Institute of Technologi melakukan sebuah percobaan pada pasien yang menderita epilepsy. Pada permulaan eksperimen dengan kucing, menunjukan bahwa belahan otak bisa dipisahkan dengan menggunting corpus callosum di tengah-tengah ikatanserabut yang menghubungkannya. Sperry percaya bahwa dengan menggunting corpus callosum bisa mencegahmenjalarnya penyebab epilepsy dari satu belahan ke belahan lainnya. Corpus callosum adalah membereskan kira-kira 200 juta serabut saraf. I I adalah lebih besar daripada semua saraf pathway dalam spinal cord. Serabut ini memberi kesan bahwa integrasi dua belahan adalah memiliki fungsi yang tinggi dan kompleks di otak.
Dalam penelitian sehari-hari mereka, kekurangan komunikasi antar belahan tidak mempengaruhi split brain pasien karena kedua belah otak menerima informasi yang sama.
Sebelum penelitian, seharusnya menjadi sadar bahwa sisi kiri tubuh dikontrol oleh celebral sebelah kanan dan sisi kanan tubuh dikontrol oleh belahan kiri.
PERBEDAAN ANTARA BELAHAN OTAK
Verbal vs spasial . fungsi hemisfir tersugesti oleh studi pasien kerusakan otak. Tangan kanan disampaikan dengan belahan otak kiri verbal, dimana subjek dapatt mendeskripsikan secara verbal. Tangan kiri menyampaikan belahan otak kanan, kapasitas verbal terbatas, subjek tidak dapat menjawab verbal. Belahan otak kanan tdak sepenuhnya tanpa kemampuan verbal. Kebanyakan orang menulis dengan tangan kanan lebih baik daripada menggunakan tangan kiri.
Bagian vs whole pattern. Percobaan tangan kanan untuk menggambar ilustarasi lain menarik karakteristik otak belahan kiri. Ko0nfigurasi spasial telah menghilang tapi bagiannya tanpa tekanan.
Studi pada subjek normal. Satu metode menggunakan sebuah mesin yang disebut tachistocope atau khususnya didisain dari kaca untuk memberi stimulus pada sebuah bidang penglihatan. Dalam individu normal, informasi akan ditransfr dari satu belahan otak ke belahan yang lain.
Verbal vs konfigurasi. Subjek normal lebih cepat dalm mengenal wajah, pola dari stimulus dan bentuk yang tidak biasa ketika mereka diperlihatkan pada bidang penglihatan kiri dan di transfer ke belahan otak kanan.
Serial vs proses simultan. Hal ini dipercaya bahwa kedua belah otak berbeda dalam memproses stimulus visual. Belahan otak kiri menggunakan serial prosesing dan belahan otak kanan memperkerjakan serentak menggunakan parallel atau holistic prosesing. Adanya satu bentuk prosesing adealah satu yang memberikan perbedaan permintaan dari pemprosesan visual spasial dan stimulus verbal. Menggunakan stimulus verbal akan menghasilkan sebuah penurunan mental.
Bahasa dalam belahan otak kanan. Belahan otak kanan mampu untuk merasakan pola, mampu mampu untuk memainkan peran unik dalam komprehensi bahasa.
SEBUAH MODEL SPESIALISASI
Dengan kualifikasi ini ada perbedaan diantara belahan otak. Belahan otak kiri memproses sequentially melalui cara bertahap.
Otak kanan kelihatannya untuk khusus dalam memproses rangsangan atau memproses secara parallel. Tidak mengubah dari kenampakan yang satu ke yang lain tetapi sementara mencari pola pola dan gelstats.
OTAK KIRI
• Memproses
• Tertarik dalam bagian komponen yang dijumpai
• Analitik
• Memproses berurutan, memprises berkala
• Bersifat sementara
• Lisan – menulis dalam bahasa sandi, matematika,dan notasi musik •
OTAK KANAN
Memproses
• Tertarik dalam seluruh dan gelstats- mengintegrasikan bagian komponen dan mengelompokkannya secara keseluruhan
• Rasional, konsepsional,dan mencari pola
• Memproses rangsangan secara parallel
• Terikat ruang
• Ketajaman ruang,musik
Model dari penyajian itu menganggap bahwa coraknya berbeda dari memproses dua hemisfer yang mempengaruhi fungsi penampilannya. Otak sebelah kanan khusus dalam memproses bentuk yang menangkap dan membentuk. Oleh karena itu tugas visiospatial sangat efektif. Kerjasama antara proses dengan cara memproses tidak immutable,dimana satu dari hemisfer ini kurang baik,ini mungkin lebih efisien untuk semua proses keterampilan oleh banyak system yang utuh.
IMPLIKASI UNTUK PENDIDIKAN
Kekhususan bagian otak memiliki kepentingan untuk semua wilayah pendidikan. Riset memeriksa perbedaan dari fungsi hemisfer yaiti memasukkan pemahaman bagaimana mempelajari peristiwa dan factor faktornya yang menimbulkan masalah belajar. Khusus dalam ketidakmampuan belajar yaitu menggambar pada riset penelitian memperbaiki tehnik untuk mengakses penyabab dari masalah khusus dan strategi mempengaruhi untuk memperbaikinya. Sementara kerja dari kedua kelompok tersebut akan memberikan keuntungan bagi guru. Saat ini pengaplikasian utama dari riset penelitian hemisfer didalam kelas yaitu sebagai rangsangan untuk menilai kembali tehnik mengajar yang kami gunakan dengan mudah dari onformasi baru tentang begaimana mengoperasikan otak
Kemungkinan untuk menghalangi sangat sulit,seorang guru dapat membantu strategi perkembangan siswa mengenai banyaknya permasalahan mereka. Contohnya, cara I . pengajar dapat mengajari untuk membuat langkah pertama dari rangkaian perkiraan jawaban mereka dan langkah selanjutnya memeriksa jawaban sebenarnya sekaligus memperkirakannya. Mereka dapat memberikan untuk mengatakan jalan mereka,selanjutnya masalah msalah yang sulit. Cara II, pengajar dapat mengajari untuk menggunakan kemampuan spasial utama mereka untuk mengakui titik titik kesulitan mereka dan membayar terutama perhatian terhadap mereka.
Dr.Davidson juga mengajak bahwa guru menjahit mengenalkan materi untuk menjangkau siswa siswa dengan kedua cara pembelajaran tersebut. Masalah masalah harus selesai dipapan tulis sehingga suswa dapat melihatnya,dan diwaktu yang sama guru harus bicara terus menerus sebagai proses agar siswa mendengarnya.
Diwaktu yang sama kita mempelajari pendekatan anak anak untuk belajar, kita dapat menguji tehnik khusus dan pendekatan umum di batas batas tipe berpikir yang mereka minta. Jika semua anak memiliki kesempatan maksimal untuk belajar,berlanjut dan selanjutnya tehnik harus beriringan dengan pendeketan pendekatan bahwa memungkinkan untuk melihat acuan, memakai gambaran dan berpikir tentang keruangan, dan menjumlah keseluruhannya sebagai bagian bagian.
Berpikir visual. Satu jalan untuk melakukan tujuan ini adalah keseimbangan tehnik berbahasa dengan strategi visual. Kata, kalimat, dan paragraph tidak selalu banyak yang baku untuk menggambarkan pikiran banyak ide yang lebih baik diekspresikan dan banyak kemudahan yang dimengerti berkaitan gambar, peta, diagram, kurva, dan peta berpikir.
M.C Witrtrock dari UCLA lulusan sekolah pendidikan telah melakukan percobaan dengan pengaruh pencampuran berbahasa dan aktivitas visual, dan hasilnya menunjukkan bahwa keduanya unggul untuk pendekatan berbahasa yang murni.
Fantasi . Fantasi adalah kemampuan untuk menghasilkan dan memanipulasi anggapan mental. Sebagai sebuah tehnik mengajar, membuat informasi lebih mudah diakses dan luas untuk siswa. Contohnya buku teks analisis osmosis itu terlalu abstrak tehniknya bagi para siswa kepada guru. Fantasi membuat imajinasi siswa berbeda beda mengenai hal tersebut.
Bahasa Evokatif. Sesuatu tidak harus terlalu cepat untuk menghentikan semua pendekatan verbal. Ketika memperhatikan otak bagian kanan. Perbedaan yang besar diantara bahasa yang tepat dari definisi ilmiah dan menggabungkan anggapan anggapan dari ungkapan mungkin tidak disadari sebuah perbedaan dalam memadukan bagian otak.
Metafor. Metaphor adalah proses mengenali hubungan diantara dua hal yang kelihatannya tidak terhubung. Ini tidak berlangsung secara berlanjut tetapi memotong kategori dan klasifikasi untuk mendapatkan relasi baru.
PENGALAMAN LANGSUNG/ PRAKTEK
Pembelajaran yang bersifat pengalaman adalah cara lainnya untuk memenuhi belahan otak kanan utama untuk bentuk-bentuk, dan penjelasan dengan menggunakan informasi secara buku teks adalah untuk menekankan fakta yang spesifik dan konsep-konsepnya untuk lebih menggabungkan pemikiran. tentang subjek tersebut diterangkan. Pengalaman langsung adalah cara dimana menjelaskan kepada siswa dengan memberi kesempatan untuk mengungkapkan subjek dengan lebih baik. Mereka dapat berhadapan langsung dengan subjek dan dengan semua pengetahuan yang mereka miliki.
Pengalaman langsung dapat dilakukan dengan banyak cara disekolah, praktrek di laboratorium, praktek di lapangan dengan benda-benda yang berupa manipulasi dapat diperlihatkan oleh para siswa। Contohnya adalah model, koleksi objek dari suatu subjaek. Ini dapat membantu untuk mengkonkritkan pengalaman itu sendiri. Percobaan juga dapat dilakukan di kelas dengan cara simulasi dan permainan peran.
PEMBELAJARAN DENGAN MULTI PANCAINDERA
Ini dapat dilihat dari para akuntan, mereka dapat bekerja dimulai dari otak yang mana mereka berfikir lalu dituangkan dalam ketikan, ini berarti terjadi hubungan langsung antara pikiran dan kinetic tubuh।
Musik
Musik dapat memproses para pendengar untuk menggunakan pikran mereka untuk mengetahui subjek. Georgi Lozanos (Bulgaria) yang menggunakan fasilitas ini untuk mempercepat pembelajaran bahasa asing. Teknisnya adalah bagaimana memakan subjek secara baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar