ANEKA TIKET DAN VOUCHER HOTEL

29 Desember 2009

Guru SMP Nglipar Gunung Kidul Semarakkan Pelatihan Pemanfaatan Portal Pendidikan SICERDIK

KPP: Kamis, 24/12/09. Pelatihan pemanfaatan portal pendidikan sicerdik.depdiknas.go.id mendapat sambutan yang sangat baik dari peserta yang hadir. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Jogja Medianet (JMN) ini merupakan upaya penyebarluasan pemahaman mengenai internet dasar dan konsep pemanfaatan e-learning dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga kedepannya muncul trend bahwa “komputer untuk belajar”, bukan “belajar komputer”. Karena mau tidak mau, kedepan pendidikan di Indonesia terus diarahkan pada pendidikan yang memanfaatkan perkembangan teknologi agar dapat bersaing di tengah globalisasi saat ini.


Kegiatan pelatihan ini berlangsung secara bersamaan di dua sekolah yang berbeda yaitu SMPN 1 Nglipar dan SMPN 2 Nglipar Gunung Kidul. Tim Komunitas Peduli Pendidikan educlique atas nama JMN dibagi menjadi dua tim untuk memandu pelaksanaan pelatihan. Selama dalam pelatihan peserta diberikan kesempatan untuk mengenal internet lebih jauh, selain itu bagi peserta yang belum memiliki email dan akun sicerdik langsung diarahkan untuk mendaftar sebagai member sicerdik. Peserta yang hadir adalah para guru seluruh bidang studi sehingga nantinya tidak hanya guru mata pelajaran Teknologi Informasi saja yang mengenal portal pendidikan sicerdik ini.

Pelatihan yang bertajuk “1 day 4 Teachers” ini merupakan kelanjutan dari program Ramadhan Bersama JMN yang selama bulan Agustus-September 2009 lalu telah dilaksanakan di 4 sekolah mitra JMN. Periode kali ini JMN memberikan pelatihan internet dasar dan pemanfaatan portal sicerdik pada delapan sekolah mitra yang saat ini masih eksis.

Menurut Mas Yudi (bagian pemasaran School-Net), pelatihan ini juga sebagai wujud pengabdian perusahaan pada pentingnya pemahaman tentang e-learning bagi sumber daya pendidikan, dalam hal ini adalah seluruh guru. Wujud nyata ini agar dunia pendidikan Indonesia dapat bersaing dengan Negara lain di era serba modern ini. Sementara itu, sambutan dari pihak sekolah menyatakan bahwa sangat perlu sekali pelatihan semacam ini dilaksanakan bagi guru sebagai sumber daya pendidikan dalam berinovasi untuk mengoptimalkan teknologi yang terus berkembang ini. Harapannya pelatihan ini dapat dilakukan secara kontinyu dan merata di setiap sekolah, sehingga setiap guru dapat berdaya optimal memanfaatkan portal pendidikan sicerdik.
(rudy)


sumber: http://www.jogjamedianet.com/article_full.php?id=1350

Tidak ada komentar: