ANEKA TIKET DAN VOUCHER HOTEL

09 Januari 2010

MTs Janten Kulon Progo Adakan Pelatihan Penggunaan Portal SICERDIK

MTs Janten Kulon Progo Adakan Pelatihan Penggunaan Portal SICERDIK

KPP: 31/12/09. Kamis, 31 Desember 2009 sebanyak 30 guru dari semua mata pelajaran di MTs Janten, Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo mengikiti pelatihan pemanfaatan portal pendidikan SICERDIK. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih empat jam tersebut diselenggarakan oleh pihak sekolah bekerjasama dengan PT. SIMS-Jogja Medianet yang menyediakan layanan internet bagi sekolah tersebut. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang baik dari seluruh guru yang hadir menjadi peserta.

Selama kegiatan yang dipandu oleh Tim dari Komunitas Peduli Pendidikan (KPP) Educlique Yogyakarta ini peserta diberikan kesempatan untuk memulai menggunakan media internet sebagai media pembelajaran di sekolah. Kegiatan yang bertajuk “1 Day 4 Teachers” ini diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala MTs Janten, kemudian dilanjutkan dengan presentasi SICERDIK oleh Sdr. Rudiono yang juga sebagai ketua KPP Educlique.

Usai presentasi tentang latar belakang hadirnya portal pendidikan sicerdik.depdiknas.go.id ini kemudian peserta dipandu untuk browsing dan mengunduh materi pelajaran yang telah disediakan oleh DEPDIKNAS melalui Buku Sekolah Elektronik dalam situs bse.depdiknas.go.id. Dengan dipandu oleh Sdr. Muhammad Iksan segenap peserta antusias mengikuti secara perlahan-lahan proses browsing dan downloading ini. Peserta juga diberikan contoh-contoh situs yang menyediakan materi dan media pendidikan yang gratis di unduh oleh setiap pengunjung internet.

Setelah proses sebelumnya selesai, selanjutnya KPP Educlique melalui Sdri. Riana Nurhayati memandu peserta dalam registrasi untuk memiliki akun SICERDIK. Dengan sabar KPP memandu dan melihat proses registrasi peserta. Semua peserta yang telah berhasil melakukan registrasi kemudian menunggu proses aktivasi dari admin. Proses aktivasi ini dikarenakan akun pendaftaran berupa akun guru, sedangkan untuk registrasi akun siswa tidak memerlukan aktivasi admin. Berikutnya peserta diarahkan untuk input materi, input soal, dan input ujian.

Kelebihan dari portal SICERDIK ini ialah menyediakan fitur yang beragam seperti Edukasi, Entertainment, dan Podcast. Selain itu portal ini juga dapat berfungsi sebagai jejaring sosial dan media chatting. Di akhir kegiatan dibagikan doorprise kepada peserta yang aktif dan dapat menjawab pertanyaan dari tim KPP. Akhirnya tiga buah doorprise dapat diterima oleh bapak dan ibu peserta yang beruntung. (rudy)

Tidak ada komentar: